Pengaruh Pemasaran Sosial Media (Instagram) dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Kafe Kopi Sae Surabaya

Abdul Wahid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran sosial media terhadap minat beli konsumen. Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Untuk menganalisis pengaruh pemasaran sosial media dan kualitas produk secara simultan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada kafe kopi sae, Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori dengan sampel menggunakan metode hair dengan responden sebanyak 90 konsumen kafe kopi sae. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran sosial media mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Pemasaran sosial media dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.

Kata kunci: pemasaran sosial media, kualitas produk, minat beli konsumen.


Full Text:

PDF

References


Adhi, Daniel and Helena Sidharta. 2017. “PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PORKBALL.” 2.

BPS. 2019. “Banyaknya Penduduk Menurut Kewarganegaraan Dan Jenis Kelamin Kecamatan Wonocolo Tahun 2019.” Retrieved (https://surabayakota.bps.go.id/statictable/2020/06/22/749/banyaknya-penduduk-menurut-kewarganegaraan-dan-jenis-kelamin-kecamatan-wonocolo-tahun-2019.html).

Chin, W. W. 1998. The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling, Modern Methods for Business Research.

Fitriana, R., Amrullah, A., & Suryani, I. 2020. “The Impact of Beauty Bloggers’ Online Review towards Shopping Tour Interest of Cosmetic Products in Jakarta.” TRJ (Tourism Research Journal) 4(1):12–24.

Gary, Kotler Philip &. Amstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 Jakarta :Erlangga.

Giri Maulana Arief, Heppy Millianyani. 2015. “PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SUGAR TRIBE.” E-Proceeding of Management 2(3):2581–87.

Guen Anjelia Powa, S.L.H.V. Joyce Lapian, Rudy S. Wenas. 2018. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HANDPHONE PADA MAHASISWA FEB UNSRAT.” 6(3):1188–97.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi 3. Yogyakarta: Liberty Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 3 no 2.

Joseph F. Hair. 2014. “PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet.” PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet (January 2015) 37–41.

Keller, Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. E. Jakarta: Erlangga.

Kompas.com. 2021. “Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta.”

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, E. PT. Indeks, Jakarta.

Mangold, WG. and Faulds, DJ. 2009. “Social Media: The New Hybrid Elementof The Promotion Mix.” Article Business Horizons.

Paquette, H. 2013. “Social Media as a Marketing Tool: A Literature Review.”

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, Kanuk &. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedu. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.