ANALISIS FRAMING FOTO JURNALISTIK OLAH RAGA KARYA AKBAR NUGROHO GUMAY

Lodowik Nikodemus Kedoh, Yohanes Martinus Wuli

Abstract


Foto jurnalistik adalah foto yang bernilai berita atau foto yang menarik bagi pembaca tertentu, dan informasi tersebut disampaikan kepada masyarakat sesingkat mungkin. Dimensi fokus secara teknis adalah memilki ketajaman ataupun dalam  kekaburan yang beralasan, dan memenuhi syarat secara teknis fotografi. Dimensi cerita memiliki pesan, kesan, dan misi yang akan disampaikan kepada pembaca dengan tujuan mudah, mengerti, dan dipahami. Jurnalisme online merupakan bagian dari jurnalisme, dimana editorial mendistribusikan konten melalui internet atau media sosial sebagai lawan dari penerbitan media cetak atau siaran. Instagram, merupakan salah satu media sosial yang populer di masyarakat modern. Hal yang lebih utama adalah melalui melalui media sosial Instagram, sebuah foto jurnalistik mampu memberikan berita dan informasi serta fungsi lainnya dari media. Dalam menampilkan foto jurnalistik tersebut, antarafotocom mengemasnya melalui bentuk foto digital dan media yang dipilih untuk mempublikasikan foto jurnalistik tersebut adalah Instagram.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui berbagai struktur Framing yang terdapat dalam foto jurnalistik olah raga karya Akbar Nugroho Gumay pada akun Instagram antaranewscom dan Untuk mengetahui frame yang dibangun oleh antaranewscom melalui foto jurnalistik olah raga karya Akbar Nugroho Gumay pada akun Instagram antaranewscom.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah frame yang dibangun oleh antaranewscom dimaksudkan untuk membujuk para pembaca untuk menerima realitas berita medianya sebagai realitas yang sebenarnya terjadi, sebab sebagai media yang berada dalam naungan pemerintah, antaranewscom membangun frame dalam berita tersebut untuk membangkitkan semangat dan jiwa patriot dari masyarakat Indonesia untuk mendukung sepenuhnya perjuangan Timnas Indonesia U-19 agar dapat mengalahkan tim lawan. Keunggulan yang dimiliki Instagram sebagai media sosial,membuat antaranewscom memanfaatkannya sebagai media penyebaran informasi dan berita, agar pesan yang disampaikan lebih cepat dan mudah sampai kepada khalayak.

 Kata kunci: Foto Jurnalistik, Analisis Framing. Instagram, antaraneswcom


Full Text:

PDF

References


Alwi, Audy Mirza. 2004. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta: Bumi Aksara.

Eriyanto, 1999. Analisis Framing. LKIS, Yogyakarta.

Ermanto, 2005. Menjadi Wartawan Handal & Profesional. Yogyakarta : Cinta Pena

Gani, Ratri Risky & Rita Kusumalestari. 2013. Jurnalistik Foto. Jakarta: Simbiosa Rakatama Media.

Romli, Asep Syamsul M. 2018. Jurnalistik Online. Bandung. PT. Nuansa Cendekia

Wijaya, Taufan. 2014. Foto Jurnalistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.